Sabtu, 25 Juli 2009

Ibu Hamil Ber-Vegetarian

Ibu hamil yang ber-vegetarian, gimana ya? Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, yang paling penting dan diperhatikan oleh ibu hamil adalah nutrisi dan gizi yang terletak dalam asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar selalu tetap seimbang dan bervariasi.

Berikut jenis zat gizi yang diperlukan saat menjalankan masa kehamilan ( Dikutip dari berbagai sumber Ahli Gizi dan dari Ibu hamil yang bervegetarian ) :

  • Asam Folat, ada pada sayuran berwarna hijau (bayam, kangkung, sawi, dll), polong-polongan, gandum murni, kacang-kacangan, buah-buahan seperti jeruk, lemon. Asam Folat ini diperlukan untuk memproduksi protein dan darah, sekaligus berfungsi sebagai pertumbuhan atau pembelahan sel, membantu pembentukan hemoglobin, sintesis ARN dan ADN
  • Besi, ada pada buah kering, gandum, polong-polongan, dan sayuran berwarna hijau. Fungsinya membawa oksigen dalam darah, mencegah anemia, meningkatkan kekebalan terhadap infeksi.
  • Tembaga, ada pada kacang-kacangan, polong-polongan dan air. Fungsinya untuk membantu penggunaan zat besi dalam tubuh dan metabolisme energi dalam tubuh.
  • Kalsium, ada pada sayuran berdaun hijau, kacang mete, kacang polong, tahu, yogurt, susu kedelai. Fungsinya memperkuat tulang, gigi, membantu pembekuan darah, dan membangun otot.
  • Iodin, ada pada garam iodin, rumput laut, fungsinya untuk meningkatkan angka metabolisme basal ibu.
  • Magnesium, ada pada polong-polongan, sereal gandum, sayuran berhijau daun. Fungsinya kerja saraf dan otot, membantu tubuh memproses karbohidrat.
  • Seng, ada pada rumput laut, gandum. Fungsinya untuk pembuatan insulin, membantu sintesis protein, ARN dan ADN
  • Niasin, ada pada sereal gandum. Fungsinya untuk kesehatan kulit, saraf dan pencernaan, membantu tubuh menggunakan karbohidrat.
  • Fosfor, ada pada seral gandum dan polong-polongan. Fungsinya untuk pembentukan kerangka dan gigi janin, dan memenuhi kalsium ibu.
  • Potasium, ada pada pisang, kentang, kismis, dan yogurt. Fungsinya menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta kerja otot.
  • Tiamin (B1), ada pada roti dan sereal gandum. Fungsinya membantu tubuh mencerna karbohidrat.
  • Riboflavin (B2), ada pada roti, sereal, sayuran berdaun hijau. Fungsinya membantu tubuh melepaskan energi ke sel, untuk kesehatan kulit dan mata.
  • Vitamin A, ada pada sayuran bedaun hijau, sayuran jingga dan kuning, wortel, blewah. Fungsinya untuk perkembangan sel, pembentukan gigi dan pertumbuhan tulang.
  • Vitamin B6, ada pada pisang, gandum, polong-polongan. Fungsinya membantu membentuk sel-sel darah merah dan membantu proses karbohidrat, lemak, lipid dan membuat ADN
  • Vitamin B12, ada pada margarin, susu kedelai dan suplemen makanan. Fungsinya untuk pembentukan sel-sel darah mearah dan membantu menjaga saraf.
  • Vitamin C, ada pada buah-buahan sitrus, brokoli, paprika hijau, strawberry, kubis, tomat, melon, kentang. Fungsinya untuk mempercepat penyembuhan luka dan tulang, meningkatkan kekebalan terhadap infeksi.
  • Vitamin D, ada pada susu kedelai, sayuran berdaun hijau, sinar matahari. Fungsinya membantu tubuh menggunakan kalsium dan fosfor dan dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Vitamin E, ada pada minyak sayur, sereal gandum dan sayuran berdaun hijau. Fungsinya untuk mencegah anemia pada bayi prematur, dan penting sebagai antioksidan.

Tips seputar ibu hamil yang aman dengan vegetarian :

1. Secara teratur kontrol ke dokter kandungan atau bidan untuk mengetahui kenaikanberat badan ibu & bayi serta perkembangan janin. Berat badan awal (sebelum hamil) akan menentukan rata-rata bulanan berat badan yang diharapkan. Misalnya semakin kurus seorang ibu maka penambahan berat badan akan berbeda dengan ibu yang gemuk. Namun berat janin yang diharapkan saat dilahirkan berkisar antara 2500 - 4000 gram.

2. Nutrisi yang dibutuhkan antara lain kebutuhan kalori tambahan berkisar 300 - 500 kkal per-hari. tergantung usia kehamilan. Dapat diperoleh dengan cara konsumsi tahu dan tempe lebih banyak serta penambahan frekuensi makan (bukan porsinya). Perlu juga tiap makan utama diselingi dengan buah segar. Wanita hamil juga berisiko kekurangan kalsium dan vitamin D. di negara yang beriklim tropis, paparan terhadap sinar matahari sudah lebih dari cukup tapi tidak ada salahnya setiap pagi anda berjalan-jalan ringan selama 15-30 menit dibawah sinar mentari sekitar jam 7-8 pagi. Jika perlu diskusikan dengan dokter anda penambahan suplemen kalsium dan vitamin D. Wanita hamil juga berisiko kekurangan zat besi, vitamin B12, yodium dan asam folat (biasanya dokter kandungan akan merekomendasikan multivitamin bagi ibu hamil). Tapi jika anda menolak multivitamin tersebut maka dapat disiasati dengan secara rutin mengkonsumsi sayuran berwarna hijau, kacang, kentang, jus jeruk, rumput laut, jamur dan garam beriodium.

3. Mengenai tekanan darah tinggi, tekanan darah tidak saja di tentukan oleh jenis makanan tetapi juga oleh faktor genetik, jenis kelamin, jenis penyakit, aktivitas, usia, dsb. Jadi jenis makanan hanya satu faktor saja. Pada sebagian wanita hamil tekanan darah dapat meningkat, yang dikenal sebagai hipertensi dalam kehamilan. Tekanan darah yang meningkat cenderung berbahaya bagi ibu dan janinnya (konsultasikan ke dokter kandungan kondisi terkini tekanan darah anda). Sedangkan tekanan darah yang rendah dalam kehamilan menurut beberapa penelitian tahun 2001 yang dilakukan oleh dokter di john hopskin hospital tidak menjadi satu-satunya faktor penyebab kelainan pada janin. Pada penelitian tersebut dikatakan pasti ada faktor/penyakit lain yang mendasari jika ditemukan kelainan atau outcome yang buruk saat bayi dilahirkan. Jadi jangan kawatir tekanan darah akan turun, anda hanya perlu kontrol ke dokter/bidan secara teratur dan memastikan bahwa konsumsi makanan vegetarian anda sudah cukup serta bervariasi.

4. Jangan lupa berdoa


Nah....bagi para ibu hamil yang mau menjalankan pola makan ber-vegetarian disaat masa kehamilan, janganlah terlalu mengkhawatirkannya, yang penting harus menjaga keseimbangan asupan gizi yang sehat dan seimbang. Dan sekali lagi, jangan lupa berdoa di masa kehamilannya supaya aman dan lancar. Selamat ya.....




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar