Sabtu, 08 Agustus 2009

Kuartet Nabati / The New Four Food Group


Bukan rahasia lagi, bahwa telah diketahui bahwa pola makanan yang berasal dari produk hewani mempunyai dampak yang kurang baik bagi kesehatan manusia dan malahan makanan yang bersumber dari produk nabati ternyata lebih unggul dari produk hewani.

Belakangan ini , PCRM (Physicians Committee for Responsible Medicine) yang bermarkas di Washington DC, telah memperkenalkan suatu pola makanan sehat yang disebut The New Four Food Group (Kuartet Nabati) sebagai konsep nutrisi dimasa mendatang dan konsep tersebut telah direkomendasikan oleh Asosiasi Ahli Gizi Amerika dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Kuartet Nabati tersebut telah memenuhi kebutuhan akan nutrien yang terdiri dari: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat dan air. Dengan menkonsumsi 2-3 macam sayuran, 2-3 jenis buah, anggota palawija, dan 1-2 jenis kacang-kacangan setiap harinya. Komposisi tersebut dinamakan "Pyramid Food" yang terdiri dari:

1.Sereal, biji-bijian, ubi-ubian, diperlukan banyak sesuai dengan kebutuhan sebagai sumber tenaga.
2. Buah dan sayuran, diperlukan cukup banyak sebagai sember vitamin, mineral dan serat.
3. Kacang-kangan, kedelai, susu dan produknya, dengan berbagai aneka kacang akan mencukupi kebutuhan asam amino esensial sebagai sumber protein, lemak yang diperlukan untuk membentuk enzim, hormon dll.
4. Minyak, lemak, gula, sebagai puncak piramid, tidak perlu banyak.


Kini pola makanan sehat " Kuartet Nabati" ini telah digalakkan di berbagai negara. Bravo !!





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar