Sabtu, 08 Agustus 2009

Tempe...Mantap Coy


Nah siapa yang tidak mengenal yang nama Tempe, Tempe yang paling sering kita temui dipasar, selain murah, gizi nya dahsyat lho... sebagian ahli juga mengklaim bahwa kebiasaan makan tempe setiap hari juga di identikkan dengan kecerdasan anak. Mantap coy.....

Dalam penyajiannya, tempe dapat diolah bervariasi dengan penggunaan bumbu yang beragam . apa ya manfaat dan khasiat dari tempe ?

Menurut Drs. Susianto Tseng, MKM * , dalam kacang kedelai, mengandung nutrisi berupa omega 3 dan omega 6, yang mana akan berubah menjadi DHA jika sudah berada dalam tubuh kita. Tempe sendiri memiliki sejuta nutrisi yang tidak kalah dengan produk makanan lainnya. Pada proses pembuatan tempe menggunakan kapang yang mengandung enzim pencernaan, makanya protein, karbohidrat dan lemak yang ada didalamnya sangat mudah dicerna oleh perut mungil balita. Gizi buruk pada anak, seharusnya tidak akan terjadi jika rutin dalam pemberian tempe, karena tempe dapat mengatasi diare dan juga meningkatkan berat badan anak. Nah, berita yang paling menggembirakan bahwa tempe adalah satu-satunya bahan nabati yang mengandung vitamin B12, sekitar 1,5 – 6,3 mikrogram per 100 gram tempe kering. seorang vegetarian tidak usah khawatir dengan kurangnya asupan vit B12. Sepotong tempe yang kita santap setiap hari itu, didalamnya terdapat asam lemak, vitamin ( A, D, E, K, B1, B2, B6 dan B12), mineral, dan antioksidan. Kalo ada yang ingin awet muda, rajin-rajin lah makan tempe, karena tempe adalah sumber antioksidan yang baik yang dapat mencegah terjadinya proses penuaan dini. MAU.....



* Drs.Susianto Tseng, MKM
- Ahli gizi yang sedang menempuh gelar S3 di FKM - UI
- Dosen gizi vegetarian di STAB Maitreyawira, Jakarta
- Sangat berpengalaman sebagai pembicara seminar baik di dalam maupun luar negeri (Singapore, Malaysia, Taiwan, India, Australia dan Jerman).
- Satu dari 16 orang yang sangat berpengaruh dalam organisasi vegetarian di dunia dengan jabatannya sebagai Sekjen Asian Vegetarian Union (AVU)

  • Koordinator International Vegetarian Union (IVU) Asia Pasific
  • Ketua Operasional Indonesia Vegetarian Society (IVS)





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar