Sabtu, 04 Juli 2009

Vegetarian Bagi Balita


Makanan Vegetarian menyediakan gizi sempurna bagi semua tahapan umur balita, sejak lahir hingga 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 tahun serta mempersiapkan tahapan kesehatan pada usia Remaja.

Bayi

Makanan terbaik bagi bayi adalah air susu ibu. Jika bayi Anda mendapatkan air susu ibu, susu kedelai dapat menjadi alternatif yang baik. Jangan menggunakan susu kedelai di pasaran. Bayi memiliki kebutuhan yang khusus untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Bayi tidak membutuhkan nutrisi tambahan selain air susu ibu atau susu kedelai selama beberapa bulan pertama. Bayi juga membutuhkan sekitar 2 jam seminggu pancaran sinar matahari untuk menghasilkan sinar matahari. Air susu ibu dibutuhkan hingga bayi berusia 1 (satu) tahun.

Pada usia 4 hingga 5 tahun, atau ketika berat bayi menjadi dua kali, makanan lain dapat diberikan sebagai tambahan. Berikan satu macam makanan baru setiap kali, dengan interval satu hingga dua minggu.

Usia 4 hingga 5 bulan

Berikan buah terlebih dahulu. Cobalah pisang yang dihaluskan, alpukat, buah peach, atau apple rebus. Berikan pula sereal bayi yang diperkaya dengan zat besi. Pergunakan sereal beras terlebih dahulu untuk mengetahui adanya alergi. Campurkan dengan sedikit air susu ibu atau susu kedelai.

Usia 6 hingga 8 bulan

Sudah bisa diperkenalkan sayuran. Sayuran hendaknya dimasak sempurna dan dihaluskan. Kentang, kacang kapri, wortel, dan buncis adalah pilihan yang baik. Setelah 8 bulan, sebagian besar bayi telah dapat makan biskuit, roti, dan sereal.

Usia 9 hingga 12 bulan

Setelah usia 8 bulan, diperkenalkanlah secara bertahap bermacam-macam makanan dari 4 kelompok makanan sehat. Legum hendaknya dimasak sempurna dan dihaluskan. Susu kedelai dengan tambahan vitamin B12, diberikan pada usia 12 bulan.

Balita

Anak-anak membutuhkan kalori dan gizi yang banyak, tetapi lambung mereka kecil. Berikanlah makanan ringan lebih sering, termasuk makanan dari tepung dan sari buah. Batasi sari buah, karena dapat cepat membuat kenyang.


NB: Porsi makanan harus sesuai dengan kebutuhan usia dan fisik anak. Untuk alasan keamanan, anak kecil seharusnya menghindari kacang-kacangan. Anak kecil membutuhkan makanan berlemak banyak. Berikanlah susu kedelai yang mengandung lemak, selai kacang, alpukat juga minyak sayur dan margarin. Berikan air apabila mereka haus. Dianjukan minum 2-3 gelas susu kedelai setiap harinya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar