Sabtu, 04 Juli 2009

Remaja Ber-Vegetarian


Saat ini, semakin banyak remaja yang mempunyai pola hidup untuk belajar mengurangi makan daging, ayam, ataupun ikan. Pola pikir remaja tersebut merupakan pola hidup ber-vegetarian. Tetapi, apakah remaja-remaja tersebut sudah memahami konsep sesungguhnya dari hidup bervegetarian? Konsep-konsep berikut yang harus diperhatikan oleh remaja yang ber-vegetarian:


Variasi adalah cara sehat bervegetaris.

Pertanyaan yang sering terlontar kepada para Vegetarian Remaja adalah nutrisi dalam makanan mereka. Sebenarnya bervegetaris sangat menyenangkan bagi semua tingkat umur kuncinya adalah variasi. Sudah sepantasnya orang tua khawatir jika yang kita makan hanyalah roti, atau kentang atau sayur hijau. Yang sehat adalah makanan bermacam-macam buah, sayuran, tumbuhan hijau, padi-padian, kacang, biji-bijian dan juga legum. Dapat pula ditambah produk susu atau telur. Vegetarian remaja memiliki kebutuhan nutrisi yang sama seperti remaja lainnya. Usia 13 sampai 19 adalah masa di mana pertumbuhan meningkat dengan pesat dan terjadi banyak perubahan. Kebutuhan nutrisi meningkat selama tahun-tahun tersebut. Yang terpenting adalah protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B12.


Bagaimana mendapat protein?

Kaum vegetarian remaja tidak mendapatkan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan protein selama makanan mereka mengandung kalori cukup untuk menunjang pertumbuhan tubuh. Kedelai, roti sereal, kacang, selai kacang, tahu, dan susu kedelai adalah jenis makanan yang mengandung banyak protein. Mengkombinasikan makanan perlu untuk mendapatkan protein dan asam amino (bagian dari protein). Protein dari beberapa tumbuhan yang dikonsumsi bersama dapat mencukupi kebutuhan asam amino esensial.


Gizi penting lainnya.

Khususnya pada masa remaja, kalsium dipergunakan untuk pembentukan tulang. Kekuatan tulang ditentukan pada masa remaja, sehingga perlu memasukkan tiga atau lebih sumber kalsium dalam makanan sehari-hari. Produk susu mengandung kalsium. Juga ada sumber kalsium lainnya, seperti tahu yang ditambah kalsium sulfat, sayur berdaun hijau, termasuk mustard hijau dan kubis (Kol). Zat besi dibutuhkan cukup banyak oleh para remaja. Dengan makan bervariasi, seorang vegetarian dapat memenuhi kebutuhan zat besi. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi oleh tubuh, makanlah makanan yang mengandung vitamin C, buah atau juice jeruk, tomat, dan brokoli adalah sumber utama vitamin C. Sedangkan makanan yang banyak mengandung zat besi adalah brokoli, semangka, bayam, kismis, air tebu, dan kacang polong. Vitamin B12 adalah satu-satunya vitamin yang perlu diperhatikan kaum Vegan (Vegetarian tanpa susu dan telur). Beberapa jenis sereal mengandung vitamin B12. Periksa komposisinya karena perusahaan sereal sering mengubah komposisinya. Ragi Red Star T-6635 + juga mengandung vitamin B12. Selain itu, setelah bangun tidur hendaknya segera minum air putih. Karena pada saat baru bangun tidur, dikerongkongan kita terdapat suatu bakteri yang menghasilkan vitamin B12 kira-kira 0,5 mg, jadi lumayankan?


Langkah-langkah sehat untuk berat ideal.

Banyak remaja yang memperhatikan berat badannya. Untuk mengurangi berat badan, perhatikan makan Anda! jika banyak mengadung gula atau lemak, gantikan dengan buah, sayuran, jelai, atau legum! Kalau makanan sudah tak bermasalah, cobalah berolahraga, jogging, jalan pagi, atau berenang! Kalau ingin menambah berat, makanlah lebih banyak makanan yang mengandung banyak kalori akan membantu. Makanlah sehari tiga kali atau lebih untuk menambah ataupun mengurangi berat badan. Sulit mendapatkan semua gizi yang dibutuhkan jika hanya makan sekali sehari. Jika merasa sulit mengendalikan nafsu makan atau kehilangan berat badan secara berlebihan, diskusilah dengan ahli kesehatan!


Makanan Ringkas Bagi Yang Sibuk.

Karena urusan sekolah dan kegiatan lainnya para remaja sering tidak punya waktu untuk makan. Ada beberapa makanan yang tidak membutuhkan persiapan yang banyak, bahkan tersedia di restoran, seperti apel, jeruk, pisang, anggur, buah plum, roti bagel dengan selai kacang, wortel dan seledri, popcron, pizza dengan keju kedelai, salad yohgurt kedelai, susu kacang, kue beras, sandwich, dan juice buah dingin.


Bervegetaris Menguntungkan Kesehatan, Lingkungan, dan Hewan!

Vegetarisme adalah langkah untuk menciptakan dunia yang bersih dan penuh kehangatan, mengurangi kelaparan, dan menciptakan manusia-manusia yang sehat, kalau Anda peduli dengan lingkungan, lihatlah bagaimana produksi daging menimbulkan pengaruh buruk bagi hutan tropis, struktur tanah, juga kualitas air dan udara. Kalau Anda pemerhati masalah hak asasi hewan, pikirkan tentang jutaan ayam dan hewan lainnya yang disembelih untuk dimakan setiap tahunnya di Amerika Serikat dan terus bertambah setiap tahunnya. Kalau Anda peduli terhadap kesehatan Anda yakinlah bahwa bervegetaris pada umumnya memiliki resiko yang lebih rendah terserang penyakit jantung, tekanan darah tinggi, beberapa jenis kanker, dan kegemukan dibandingkan para non-vegetarian.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar